Lingkungan kerja adalah faktor esensial dalam hal kenyamanan kerja,
karena lingkungan itu diciptakan oleh seluruh karyawan dari latar
belakang yang beragam. Ketika peraturan dalam satu perusahaan sudah
diberlakukan, semua orang akan bekerja untuk hal yang sama: menjaga
stabilitas organisasi. Namun terkadang, konflik antar rekan kerja
seringkali muncul sebagai bagian dari bisnis. Kunci kesuksesan manajemen
operasional dan mengatasi puncak masalah sesungguhnya adalah dengan
menyelesaikan konflik dengan cara yang efektif.
Membangun hubungan positif dengan rekan kerja dan paraatasan akan
membuat pekerjaanmu menjadi lebih mudah dalam jangka panjang dan membuat
kerjasama tim selalu kompak. Ketika kamu ragu, gunakan lima tips
psikologi di bawah ini untuk menghindari konflik dengan si bos.
- Hargai Posisi dan Tanggung Jawab Bos
Semua atasan atau bos memiliki tanggung jawab untuk memberi perintah
dan mengarahkan para karyawannya. Karena tanggung jawab kalian berbeda,
kamu dan bosmu bisa berbagi beberapa hal perihal pekerjaan. Untuk
menjaga hubungan yang positif dengan si bos, hargai dan akui posisi
mereka, jangan hanya mencari-cari perbedaan antara peranmu dan si bos.
Setiap karyawan berhak untuk melindungi pekerjaannya, jadi tidak ada
salahnya membiarkan si bos tahu bahwa kamu memahami tekanan yang dia
hadapi.
- Jadilah Team Player
Manajer atau bos bertanggungjawab untuk memaksimalkan produktivitas
semua karyawannya, jadi ketika kamu merasa semua tugas-tugasmu sangat
berat dan tak beralasan, sesungguhnya saat itulah bosmu sedang melakukan
pekerjaannya. Untuk menghindari konflik dan bisa menjadi karyawan
terbaik, kamu harus berkomitmen untuk bekerja dalam tim dan mengutamakan
pencapaian tujuan organisasi. Bahkan jika harus lembur atau menambah
tanggung jawab kerja, jangan ragu untuk ikut serta dan berikan bukti
nyata bahwa kamu profesional.
- Berikan Informasi Sebaik dan Sebanyak Mungkin
Selain peran mereka sebagai motivator, para bos bekerja dengan sumber
informasi yang terbatas. Untuk membuktikan komitmenmu dan menjaga
hubungan baik dengan atasan, berikan informasi sebanyak-banyaknya yang
tersedia. Hasilkan output yang tinggi dengan dampak besar yang positif
untuk seluruh lapisan anggota perusahaan.
- Take Your Time
Tak perlu terburu-buru, selesaikan semua pekerjaan dengan pelan tapi
pasti. Cek kembali semua pekerjaan yang penting. Untuk menjaga hubungan
yang stabil dengan para bos, kamu harus menjadi orang yang tanggap pada
setiap situasi, selalu cari celah jika ada kolaborasi yang bisa
dilakukan dengan rekan kerja dan para bos. Terbuka untuk kompromi dan
jadilah karyawan yang selalu berusaha keras untuk memberikan hasil kerja
yang baik.
- Komunikasi Efektif
Komunikasi adalah jantung dari hubungan bisnis, berbagi ide adalah
hal penting yang harus dipahami dalam organisasi/perusahaan. Ketika
akhirnya ada konflik yang muncul antara manajer dan staff, salah satu
penyebabnya pastilah masalah komunikasi. Terutama dalam dunia serba
digital sekarang, di mana komunikasi hampir selalu dilakukan secara
elektrik, akan menjadi tantangan tersendiri untuk bisa mempertahankan
komunikasi yang efektif. Sebagai karyawan yang baik, kamu wajib
mengambil langkah proaktif untuk memfasilitasi komunikasi yang efektif
dengan si bos.
sumber : http://blog.jobs.id/psikologi-5-tips-agar-aman-nyaman-dengan-bos/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar